Home » » Faktor Pendorong Perempuan Bekerja Di Luar Negeri Kasusu Di Desa Klampok Lor Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak

Faktor Pendorong Perempuan Bekerja Di Luar Negeri Kasusu Di Desa Klampok Lor Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Faktor Pendorong Perempuan Bekerja Di Luar Negeri Kasusu Di Desa Klampok Lor Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak.

Ana Sugiyarti. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Memperoleh penghasilan merupakan tanggung jawab suami sebagai kepalarumah tangga. Namun demikian ada kalanya pendapatan dari suami kurangmencukupi untuk memenuhi kebutuhan keluarga ditambah dengan kondisi ekonomiyang kian tidak menentu dan berubahnya pola pikir perempuan menjadikanperempuan berani mengambil keputusan untuk keluar rumah dan bahkan sampaidengan bekerja menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) guna membantu memenuhikebutuhan keluarga yang kurang tercukupi tersebut. Permasalahan dalam penelitianini adalah (1) faktor pendorong apakah yang menyebabkan perempuan pendudukDesa Klampok Lor Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak bekerja sebagaiTenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri ?, dan (2) bagaimanakah dampak migrasiTenaga Kerja Wanita (TKW) terhadap keluarga yang ditinggalkan di desa ?.

Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui faktor pendorong yangmenyebabkan perempuan penduduk Desa Klampok Lor Kecamatan KebonagungKabupaten Demak bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri dan(2) dampak migrasi Tenaga Kerja Wanita (TKW) terhadap keluarga yangditinggalkan di desa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimanadalam prosedur penelitian menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis ataujawaban dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian kualitatif tidakbertujuan untukk mengkaji atau membuktikan kebenaran suatu teori tetapi teori yangsudah ada dikembangkan dengan menggunakan data yang dikumpulakan. Dalampenelitian ini peneliti memilih lokasi penelitian di Desa Klampok Lor KecamatanKebonagung Kabupaten Demak karena dari sebagian penduduk perempuan ada yangbekerja ke luar negeri, sedangkan subjek penelitian ini adalah (1) pendudukperempuan Desa Klampok Lor Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak yangbekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri baik yang sudah pulangatau yang akan berangkat kerja di luar negeri dan (2) keluarga Tenaga Kerja Wanita(TKW) yang ditinggalkan di desa. Fokus penelitian ini adalah (1) faktor pendorongyang menyebabkan perempuan penduduk Desa Klampok Lor KecamatanKebonagung Kabupaten Demak bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luarnegeri, dengan indikator : faktor demografi, faktor sosial budaya, dan faktor ekonomi,dan (2) dampak migrasi Tenaga Kerja Wanita (TKW) terhadap keluarga yangditinggalkan di desa, dengan indikator: kehidupan sosial budaya, kehidupanekonomi, dan kehidupan psikis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian iniadalah sumber tertulis dan informan. Alat dan teknik pengumpulan datamenggunakan metode wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Validitas dan keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Metode analisa datayang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif (Milles dan Hurberman, 1992: 20)Berdasarkan hasil penelitian dan kemudian dianalisis diperoleh bahwa (1)faktor pendorong penduduk perempuan Desa Klampok Lor Kecamatan KebonagungKabupaten Demak bekerja di luar negeri karena faktor ekonomi yaitu membiayaisekolah anak, merenovasi rumah, membeli tanah atau sawah, membantu suami, inginhidup mandiri, dan memperbaiki kesejahteraan ekonomi keluarga. Selain itu denganmelihat dan menganalisa kenyataan sesuai dengan hasil penelitian menunjukkanbahwa ada sebagian dari para migran mempunyai tujuan yang sama yaitu untukmencari pengalaman, wawasan, dan pergaulan dalam bekerja. (2) Dampak migrasiTenaga Kerja Wanita (TKW) terhadap keluarga yang ditinggalkan di desa dapat kitalihat dari segi positif dan segi negatif.

Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) keluarga memiliki tuntutan yanglebih besar dan kontinue yang mungkin dapat mengerahkan semua anggota keluargamereka, laki-laki dan perempuan dapat juga melakukan tugas-tugas yang paling sukardan berat sekalipun agar kehidupan ekonomi keluarga tetap berlangsung. Dansebagian besar faktor utama pendorong perempun bekerja sebagai Tenaga KerjaWanita (TKW) di luar negeri adalah karena alasan ekonomi, meskipun demikian jugatidak terlepas dari faktor demografi dan faktor sosial budaya desa tersebut. (2)Dampak bagi keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang ditinggalkan di desa yaitu,bahwa status sosial ekonomi keluarga Tenaga Kerja Wanita (TKW) di DesaKlampok Lor Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak bertambah lebih baik. (3)Perilaku sosial anak dalam keluarga yang ibunya bekerja sebagai Tenaga KerjaWanita (TKW) ada yang baik dan ada yang kurang sesuai dengan norma dan nilaiagama dan sosial.

Saran untuk peneitian ini adalah (1) sebaiknya perempuan yangdiberangkatkan menjadi TKW adalah TKW yang benar-benar lulus seleksi darilatihan mental spiritual, skil dan minimal dapat baca tulis dan mengusai bahasanegara tujuan, karena dengan begitu akan mempermudah komunikasi dalamhubungan kerja antara majikan atau perusaahan pemberi kerja dengan pekerjanya.(2) Bagi keluarga yang ibunya menjadi TKW di luar negeri sebaiknya orang tua(ayah) dan keluarga dekat (nenek,kakek, paman dan lain-lainnya) ikut sertamemberikan bimbingan kepada anak-anaknya sebagai bagian dari tanggungjawabnya, sehingga anak tidak merasakan kurang kasih sayang dan tetap memilikisikap sosial keluarga yang selaras dengan masyarakat agama yang agamis.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved