Home » » Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Disiplin Anak Di Perumahan Muria Indah Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus

Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Disiplin Anak Di Perumahan Muria Indah Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Disiplin Anak Di Perumahan Muria Indah Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus

Prasetiyanti, Herlin. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Peran dan tanggung jawab orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikanpendidikan disiplin dalam keluarga. Harapan setiap orang tua adalah menginginkananaknya menjadi manusia yang berguna bagi agama, keluarga, masyarakat, bangsa dannegara. Oleh karena itu, diperlukan pola asuh yang tepat dari orang tua dalammeningkatkan disiplin anak supaya anak tidak terjerumus oleh arus globalisasi yangberdampak negatif.

Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana pola asuh orang tua dalammeningkatkan disiplin anak, upaya-upaya apa saja yang dilakukan orang tua dalammeningkatkan disiplin anak dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi orang tuadalam meningkatkan disiplin anak di Perumahan Muria Indah Desa GondangmanisKecamatan Bae Kabupaten Kudus.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian iniadalah mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua, mengetahui upaya-upaya yangdilakukan orang tua dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalammeningkatkan disiplin anak. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikanmanfaat bagi keluarga dan masyarakat dapat digunakan sebagai bahan pertimbangandalam cara mengasuh, mengarahkan dan membimbing anak supaya anak mengenalaturan-aturan, batasan-batasan dalam berperilaku. Manfaat bagi peneliti yaitu untukmenambah pengetahuan tentang permasalahan yang dikaji. Manfaat lain yaitu sebagaibahan acuan untuk mengkaji dan menganalisis pola asuh orang tua dalam meningkatkandisiplin anak.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Yang menjadilokasi penelitian adalah Perumahan Muria Indah Desa Gondangmanis Kecamatan BaeKabupaten Kudus. Fokus penelitian ini adalah pola asuh orang tua, upaya-upaya yangdilakukan orang tua dan kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkanisiplin anak. Data penelitian meliputi sumber data utama yaitu informan atauresponden dan sumber data tambahan. Informan atau responden terdiri dari 20 orang tuayang mempunyai anak usia 6 sampai 12 tahun yang masih bersekolah di SD, bertempattinggal di Perumahan Muria Indah Desa Gondangmanis Kecamatan Bae KabupatenKudus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi,metode wawancara dan metode dokumentasi. Validitas data diperoleh dengan metodetrianggulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya orang tua yang mempunyaianak usia 6 sampai 9 tahun yaitu kelas 1 sampai kelas 3 SD menerapkan pola asuhotoriter dengan pemberian hadiah dalam meningkatkan disiplin anak. Orang tua yangmempunyai anak usia 10 sampai 12 tahun yaitu kelas 4 sampai kelas 6 SD menerapkanpola asuh demokratis, namun pada situasi dan kondisi tertentu orang tua juga bersikapotoriter dalam meningkatkan disiplin anak. Upaya-upaya yang dilakukan oleh paraorang tua dalam menanamkan atau memasukkan nilai-nilai, norma-norma kedalam dirianak sehingga anak memiliki disiplin diri, yaitu adanya keteladanan diri dari orang tuakepada anak-anaknya, pendidikan Agama sebagai dasar pendidikan anak, mengajarkannilai moral pada anak dan melatih tanggung jawab anak. Kendala yang dihadapi orangtua dalam meningkatkan disiplin anak diantaranya, (1)kendala intern diartikan sebagaisuatu hambatan yang diakibatkan oleh faktor dari dalam keluarga dalam hal ini orangtua, (2)kendala ekstern yaitu suatu hambatan yang dihadapi oleh orang tua karenapengaruh dari luar yaitu lingkungan sekitar dan pesatnya arus globalisasi seperti TV,game center dan play station.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa orang tua di Perumahan MuriaIndah Desa Gondangmanis Kecamatan Bae Kabupaten Kudus dalam meningkatkandisiplin anak menggunakan pola asuh yang berbeda-beda sesuai dengan usia atautingkat perkembangan anak. Orang tua menerapkan unsur-unsur disiplin diantaranyaadanya peraturan dalam keluarga, adanya hukuman, adanya penghargaan, dan adanyakonsistensi dari orang tua. Upaya-upaya yang dilakukan orang tua supaya anakmemiliki disiplin diri, yaitu adanya keteladanan diri dari orang tua, adanya pendidikanAgama, mengajarkan nilai moral dan melatih tanggung jawab anak. Kendala yangdihadapi orang tua dalam meningkatkan disiplin anak diantaranya, kendala intern dankendala ekstern.

Saran yang diajukan adalah faktor keteladanan orang tua sangat penting bagipenerapan disiplin anak. Diharapkan pada Pemerintah supaya menetapkan peraturanyang lebih ketat terhadap penayangan-penayangan televisi yang negatif yang dapatmempengaruhi jiwa anak.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved