Home » » Perubahan Pilihan Masyarakat Pada Pemilihan Umum Legislatif 2004( Studi Kasus di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang)

Perubahan Pilihan Masyarakat Pada Pemilihan Umum Legislatif 2004( Studi Kasus di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Perubahan Pilihan Masyarakat Pada Pemilihan Umum Legislatif 2004( Studi Kasus di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang).

Atiq Komariyah. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Pemilihan umum dalam beberapa hal menghasilkan perubahan, termasukperubahan pilihan politik masyarakat. Adanya perubahan sikap masyarakat dalammenentukan pilihan politik pada Pemilu legislatif 2004 merupakan bagian danfenomena yang menarik untuk dikaji dan diteliti, supaya diperoleh jawaban yangakurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktorapakah yang mempengaruhi perubahan pilihan mayoritas pada Pemilu Legislatif2004 di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang?, (2)Bagaimanakah pola perubahan pilihan masyarakat pada Pemilu legislatif 2004 diKelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang?. Penelitian inibertujuan: (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perubahanpilihan masyarakat pada Pemilu legislatif 2004 di Kelurahan Sekaran, KecamatanGunung Pati, Kota Semarang, (2) Untuk mengetahui pola perubahan pilihanmasyarakat pada Pemilu legislatif 2004 di Kelurahan sekaran, Kecamatan GunungPati, Kota Semarang.

Dalam penelitian ini difokuskan pada: (1) Faktor-faktor yangmempengaruhi perubahan pilihan masyarakat pada Pemilu legislatif 2004 diKelurahan Sekaran, kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, (2) Pola perubahanpilihan masyarakat pada Pemilu legislatif 2004 di Kelurahan Sekaran, Kecamatangunung Pati Kota Semarang. Sumber data diperoleh dari: (1) Responden daninforman yaitu warga masyarakat Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati,Kota Semarang, (2) Dokumen berupa arsip dan data. Alat pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Datadivalidasi dengan teknik Triangulasi. Data yang dikumpulkan dianalisis denganmodel analisis interaksi.\

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan pilihan masyarakatpada Pemilu legislatif 2004 di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, KotaSemarang. Perubahan pilihan politik masyarakat tersebut dipengaruhi olehbeberapa faktor antara lain: (1) Kekecewaan terhadap partai lama, (2) Faktorkepemimpinan dan Ketokohan, (3) Faktor isu dan kebijakan politik, (4) Faktorkomunikasi dan persuasi dalam kampanye. Perubahan pilihan politik masyarakatKelurahan Sekaran berpola linear, sebab secara mayoritas masyarakat mengubahpilihan politiknya tetap pada partai-partai Islam.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa mayoritasmasyarakat pemilih di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, KotaSemarang mengubah pilihan politiknya pada Pemilu legislatif 2004. tingkatperubahan itu berbeda, tergantung pada individu dan kelompok yang melakukanperubahan terhadap pilihan politiknya tersebut. Namun secara umum masyarakatengubah pilihan politiknya secara linear pada partai-partai yang memilikikesamaan asas.

Setelah mempelajari hasil penelitian, agar penyelenggaraan Pemilu dapatberjalan demokratis, maka penulis memberikan saran sebagi berikut: Masyarakatpemilih dalam menentukan pilihan politik sebaiknya didasarkan pada hatinuraninya. Ulama atau kyai sebagai tokoh masyarakat sekaligus sebagai panutanwarga sebaiknya bisa bersikap arif dan bijaksana dalam membimbing wargamasyarakatnya, baik dalam bidang agama maupun dalam bidang politik. Partaipolitik peserta Pemilu diharapkan dapat mencermati faktor-faktor yang dapatmempengaruhi perubahan pilihan politik masyarakat pemilih sebagai bahankoreksi dan pengalaman untuk memenangkan Pemilu. Demikian juga pemerintah,mengingat pentingnya Pemilu, pemerintah hendaknya memberikan sanksi yangtegas terhadap partai politik yang melakukan kecurangan dalam Pemilu.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved