Home » » Pola Pengelolaan Ekonomi Keluarga Wanita Pemecah Batu di Kampung Kradenan Baru Kelurahan Bendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur Pemerintah Kota Semarang

Pola Pengelolaan Ekonomi Keluarga Wanita Pemecah Batu di Kampung Kradenan Baru Kelurahan Bendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur Pemerintah Kota Semarang

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Pola Pengelolaan Ekonomi Keluarga Wanita Pemecah Batu di Kampung Kradenan Baru Kelurahan Bendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur Pemerintah Kota Semarang

Nurlaelatus Tsa'diyah. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Wanita pada kodratnya merupakan makhluk yang identik dengankelemahan dan kelembutan namun wanita di Kampung Kradenan Baru memilihbekerja sebagai wanita pemecah batu yang dianggap sebagai pekerjaan kasar yangbiasanya dikerjakan oleh kaum laki-laki, dengan penghasilan keluarga yangminim wanita memilih wanita pemecah batu juga harus bisa mengelola keuangankeluarganya dengan baik agar dapat memenuhi kebutuhan keluarganya. Adanyakenyataan wanita memilih pekerjaan sebagai wanita pemecah batu di KampungKradenan Baru serta pola pengelolaan ekonomi keluarganya merupakan bagiandari fenomena yang menarik untuk dikaji dan diteliti, supaya diperoleh jawabanyang akurat.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah latarbelakang wanita atau ibu-ibu rumah tangga di Kampung Kradenan BaruKelurahan Bendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur Pemerintah KotaSemarang memilih pekerjaan sebagai pemecah batu?, (2) Bagaimanakah polapengelolaan ekonomi keluarga wanita pemecah batu di Kampung Kradenan BaruKelurahan Bendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur Pemerintah KotaSemarang?. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui alasan wanita atauibu-ibu rumah tangga di Kampung Kradenan Baru Kelurahan Bendan DuwrKecamatan Gajah Mungkur Pemerintah Kota Semarang memilih pekerjaansebagai wanita pemecah batu, (2) Untuk mengetahui pola pengelolaan ekonomipada keluarga wanita pemecah batu di Kampung Kradenan Baru KelurahanBendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur Pemerintah Kota Semarang.

Dalam penelitian ini difokuskan pada: (1) Alasan dilihat dari aspek sosial,ekonomi dan lingkungan. (2) Pola pengelolaan ekonomi keluarganya, (3) Polayang digunakan oleh keluarga wanita pemecah batu di Kampung Kradenan BaruKelurahan Bendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur Pemerintah KotaSemarang. Sumber data diperoleh dari: (1) Person yaitu wanita pemecah batu danmasyarakat Kampung Kradenan Baru. (2) Dokumen berupa arsip dan data. Alatpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan teknik Triangulasi. Data yangdikumpulkan dianalisis dengan model analisis interaksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar alasan wanita atauibu-ibu rumah tangga di Kampung Kradenan Baru memilih pekerjaan sebagaiwanita pemecah batu adalah karena alasan ekonomi yaitu untuk meningkatkanekonomi keluarga. Ada sebagian yang mempunyai alasan karena dukungan darisuami maupun hanya karena ikut-ikutan saja. Dalam keluarga wanita pemecahbatu sebagian besar belum menggunakan tahapan-tahapan pengelolaan ekonomikeluarga yang baik karena baru melakukan tahapan perencanaan saja, sedangkanpola pengelolaan ekonomi yang digunakan sebagian besar keluarga wanitapemecah batu adalah pola atau sistem manajemen terbuka.

Disarankan bagi masyarakat lebih giat dalam mengikuti kegiatan-kegiatanpenyuluhan yang diadakan pemerintah, aktif dalam organisasi masyarakatsehingga pengetahuannya dapat bertambah, terutama wanita pemecah batu. Saranbagi masyarakat adalah supaya tidak memandang orang dari penampilan dankondisi ekonominya saja melainkan mengutamakan keagungan budi dalammenilai seseorang. Disarankan pemerintah aktif dalam memberikan penyuluhanpenyuluhankepada masyarakat serta mengoptimalkan pemberian bantuan bagirakyat kurang mampu bila perlu mengadakan peninjauan terhadap masyarakatyang hidup dibawah garis kemiskinan secara rutin sehingga tahu apa yangdibutuhkan oleh rakyatnya.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved