Home » » Konpetensi Guru Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi (Studi Kasus Guru SMP Negeri Kota Semarang )

Konpetensi Guru Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi (Studi Kasus Guru SMP Negeri Kota Semarang )

Skripsi jurusan geografi: Konpetensi Guru Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi (Studi Kasus Guru SMP Negeri Kota Semarang )

Rahayu. 2005. Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dalam pembelajaran, guru dituntut untuk berfikir dan bertindakprofesional, sedangkan di lapangan banyak ditemukan guru yang mengajar secaraasal-asalan. Guru tidak menarik dalam menyampaikan pelajaran kemungkinankarena; pertama, pelajaran yang diampu tidak sesuai dengan keahlian guru; kedua,guru kurang menguasai materi pelajaran; ketiga guru kurang mengetahui wawasanpendidikan; keempat guru kurang menguasai teknik evaluasi; kelima guru kurangmenguasai metode pembelajaran; dan keenam guru kurang mengetahui profesikeguruan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Seberapa besarkompetensi yang dimiliki guru geografi SMP Negeri Kota Semarang, (2)Bagaimana persepsi guru geografi SMP Negeri Kota Semarang terhadap gurugeografi yang profesional, (3) Bagaimana persepsi siswa terhadap guru yangideal.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri darivariabel penelitian sebagai berikut: pengelolaan program belajar-mengajar,pengelolaan kelas, penguasaan landasan-landasan kependidikan, penilaian prestasisiswa, mengenal fungsi bimbingan dan penyuluhan, pemahaman prinsip-prinsipdan hasil penelitian, penggunaan media dan metode.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru geografi SMP NegeriKota Semarang yang berjumlah 85 guru. Sedangkan sampelnya adalah gurugeografi di tujuh SMP Negeri Kota Semarang yang berjumlah 14 guru. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan metode analisis datadengan rumus Deskriptif Persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program belajarmengajar Deskriptif Persentase (DP) 67,3% hal ini berarti 67,3% guru geografiSMP Negeri Kota Semarang telah mampu mengelola program belajar mengajar,DP Pengelolaan kelas 86,6%, DP Penguasaan landasan kependidikan 84,5%, DPPenilaian prestasi siswa 93,75%, DP Pengenalan fungsi program bimbingan danpenyuluhan 93,5%, DP Pemahaman prinsip-prinsip dan pemanfaatan hasil-hasilpenelitian 46,5%, DP Penggunaan media dan metode 63,1%. Dari hasil tersebutdiketahui bahwa sebagian besar guru sudah menguasai landasan-landasankepedidikan, penilaian prestasi siswa, dan mengenal fungsi bimbingan danpenyuluhan,. Sedangkan pengelolaan program belajar mengajar, pengelolaankelas, dan penggunaan metode dan media sudah cukup baik. Pengalamanmengajar dan pamahaman prinsip-prinsip pemanfaatan hasil penelitian juga cukupbaik.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kompetensi yang dimiliki gurugeografi SMP Negeri Kota Semarang adalah 67,3% guru sudah menguasaipengelolaan program belajar mengajar, 86,6% guru menguasai pengelolaan kelas,84,5% guru menguasai landasan kependidikan, 93,75% guru mampu menilaiprestasi siswa, 93,5% guru mengenal fungsi program bimbingan dan penyuluhan,46,5% guru memahami prinsip dan pemanfaatan hasil penelitian, 63,1% gurumenguasai penggunaan media dan metode.Persepsi guru geografi SMP NegeriKota Semarang terhadap guru geografi yang profesional adalah guru geografiharus menguasai media pembelajaran, dan metode yang bervariasi, menguasaimateri, mengenal lingkungan, mampu memanajemen kelas, mampu menerapkanilmu yang dipelajari di bangku kuliah kepada siswa, mengetahui perkembangandan perubahan kurikulum, dan dapat memotivasi siswa untuk mengembangkandaya pikirnya. Guru geografi yang ideal menurut siswa adalah guru yang mampumenyampaikan materi dengan sederhana dan suara yang keras, guru yang bersikaptenang, akrab, bijaksana, berdisiplin, tegas, guru yang mau memahami kebutuhansiswa, guru yang tidak merendahkan siswa, memiliki rasa humor, selalumemotivasi siswa, berpenampilan rapi, dan murah senyum, guru yang mampumenggunakan berbagai macam metode dalam proses belajar mengajar, guru yangpemaaf, baik hati dan tidak sombong, sabar, teliti dan tidak galak, guru yangmenyampaikan materi bertujuan untuk dipahami bukan untuk dihafal.

Guru SMP Negeri Kota Semarang telah memiliki kompetensi yang dapatdigunakan untuk proses belajar mengajar, walaupun masih ada hal-hal yang perluditingkatkan lagi. Sedangkan saran dari penulis adalah guru geografi hendaknyaselalu meningkatkan kualitas pembelajarannya dan mampu menyampaikan materipelajaran yang mudah diterima oleh siswa. Calon guru geografi hendaknyamemiliki keinginan untuk menjadi guru geografi yang profesional dan berupayadari sekarang dengan bersungguh-sungguh dalam mengikuti setiap program darijurusan geografi. Jurusan geografi hendaknya sering melakukan kegiatan ilmiah diluar jam kuliah yang melibatkan mahasiswa untuk melatih mahasiswa yangmenguasai ilmu dalam bidang geografi


Atau untuk download klik http://9.bb/4r9r
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved