Home » » Identifikasi Masalah Profesionalisme Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatan Tahun 2000 Universitas Negeri Semarang

Identifikasi Masalah Profesionalisme Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatan Tahun 2000 Universitas Negeri Semarang

Skripsi jurusan geografi: Identifikasi Masalah Profesionalisme Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Angkatan Tahun 2000 Universitas Negeri Semarang.

Wahyu Ampryani. 2005. Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Untuk menjadi tenaga profesional guru harus meningkatkan kemampuannya yaitudapat mengantisipasi berbagai perubahan dan perkembangan, merancang danmelaksanakan KBM yang mengacu pada proses belajar mengajar yang lebih baik.Guru yang profesional harus menguasai kompetensi dasar guru dan mampumenguasai kurikulum yang berlaku. Profesionalisme guru tersebut perlu dibuktikanmelalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat.Permasalahannya adalah: (1) Apakah mahasiswa pendidikan geografi angkatan2000 yang sudah melaksanakan PPL menghadapi masalah mengenai profesionalismeguru? (2) Apa masalah dominan tentang profesionalisme guru yang dihadapi olehmahasiswa yang sudah melaksanakan PPL pada mahasiswa Pendidikan Geografiangkatan tahun 2000 Universitas Negeri Semarang? Tujuan: (1) Untuk mengetahuimasalah mengenai profesionalisme guru yang dihadapi oleh mahasiswa yang sudahmelaksanakan PPL pada mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2000Universitas Negeri Semarang. (2) Untuk mengetahui masalah yang dominanmengenai profesionalisme guru.

Populasi semua mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2000 yangsudah melaksanakan PPL sebanyak 40 mahasiswa. Sampel seluruh populasi yaitu 40mahasiswa. Ada 2 variabel, yaitu: kompetensi dasar guru dan kurikulum berbasiskompetensi. Alat pengumpul datanya adalah angket dan dokumentasi. Data dianalisisdengan teknik deskriptif persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa masalah profesionalisme guru yangdihadapi oleh mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan tahun 2000 meliputikimpetensi dasar guru yakni penguasaan materi, mengelola PBM, mengelola kelas,penggunaan media, menilai prestasidan yang berkaitan dengan pelaksanaan KBKyakni hal yang baru dan sama dalam KBK dan kurikulum sebelumnya, perbedaankurikulum, komponen KBK, penerapan pendekatan CTL, dan penerapan di sekolah.Masalah yang dominan dalam 2 variabel yaitu penguasaan materi (64,06%) danpenerapan KBK di sekolah (65,31%).

Kesimpulan bahwa mahasiswa angkatan tahun 2000 Pendidikan Geografimengalami masalah mengenai profesionalisme guru yang terkait dengan kompetensidasar guru dan pelaksanaan kurikulum baru yaitu Kurikulum Berbasis Kompetensi.Sarannya yaitu mahasiswa calon guru diharapkan dapat meningkatkanpengetahuan dalam bidang studi yang mereka tekuni, serta pihak LPTK harusmenyiapkan para calon guru secara optimal dengan cara meningkatkan kualitaspengajaran yang baik yang berhubungan dengan materi kependidikan maupun materiyang menunjang bidang studi tersebut. Perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenaikompetensi dasar yang lain dan diperlukan sumber yang lain yaitu guru pamong dandosen pembimbing PPL yang belum dijadikan subyek penelitian.


Atau untuk download klik http://9.bb/4r7n
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved