Home » » FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA AL – ASROR DI KOTA SEMARANG

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA AL – ASROR DI KOTA SEMARANG

skripsi ekonomi : FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X MA AL – ASROR DI KOTA SEMARANG

Dian Nur Khayati. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam upayameningkatkan prestasi belajar ekonomi maka harus dilakukan dengan optimalisasifungsi semua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomi danoptimalisasi interaksi antara faktor – faktor tersebut. Faktor – faktor tersebutmeliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumberdan evaluasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah faktor–faktor tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumberdan evaluasi secara signifikan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhiprestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X MA Al – Asror tahun pelajaran2004/2005.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al – Asror tahunpelajaran 2004/2005 yang berjumlah 146 siswa. Pengambilan sampel yangberjumlah 95 siswa dilakukan dengan cluster random sampling. Variabel yangdikaji dalam penelitian ini yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabelbebas meliputi tujuan, bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat,sumber dan evaluasi. Variabel terikatnya yaitu prestasi belajar ekonomi siswakelas X MA Al – Asror tahun pelajaran 2004/2005. Alat pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisisdengan teknik deskriptif dan metode analisis faktor.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor–faktor tujuan, bahanpelajaran, kegiatan belajar mengajar, metode, alat, sumber dan evaluasi secarasignifikan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomipada siswa kelas X MA Al – Asror tahun pelajaran 2004/2005. Hal ini dapatdilihat dari nilai korelasi antar variabel yang melebihi 0.800, koefisien uji KMOdan Bartletts test dengan nilai signifikan 0%, dan nilai pada factor loading lebihdari 0,5. Kemudian pada pengelompokkan variabel terdapat 3 faktor yangterbentuk yaitu yang mempunyai nilai eigen > 1. Variabel yang mempunyai nilaiomponen lebih dari 0.5 akan berada pada pengelompokkannya. Dari hasil initerbentuk 3 komponen yaitu komponen 1 (variabel sumber, bahan, komponen,tujuan), komponen 2 (variabel alat dan evaluasi) dan komponen 3 (metode).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara urut faktorkegiatan belajar mengajar, evaluasi, bahan, tujuan, sumber, alat, dan metodesecara signifikan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajarekonomi pada siswa kelas X MA Al – Asror tahun pelajaran 2004/2005. Hasilpenelitin ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, penentu kebijakan danpembaca. Diharapkan bagi pihak – pihak yang berkepentingan dapat memahamidan memperhatikan faktor – faktor yang mempengaruhi prestasi belajar ekonomiagar dapat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi belajar ekonomi.

http://www.skripsikuliah.co.cc/
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved