Home » » Studi Kasus Kawin Kontrak di Desa Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara

Studi Kasus Kawin Kontrak di Desa Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Studi Kasus Kawin Kontrak di Desa Pelemkerep Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara

Ita Yuanita, 2005, Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Perkawinan merupakan sesuatu yang sudah menjadi kodrat manusia,dimana perkawinan bertujuan untuk membentuk mahligai rumah tangga yangbahagia dan kekal serta sejahtera lahir maupun batin sesuai dengan yang dicitacitakan.Namun kenyataannya dalam masyarakat ada yang menyalahgunakanperkawinan tersebut yaitu beberapa wanita yang melakukan kawin kontrak.Kawin kontrak merupakan perkawinan yang berdasarkan sebuah perjanjian untukhidup bersama sebagai suami istri dalam jangka waktu tertentu dengan disertaiimbalan bagi salah satu pihak. Keinginan untuk memperoleh keuntungan ekonomidan memenuhi kebutuhan biologis, merupakan tujuan dari pelaksanaan kawinkontrak.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Latar belakangdan tujuan wanita di desa Pelemkerep melakukan kawin kontrak, (2) Prosespelaksanaan kawin kontrak di desa Pelemkerep. Penelitian ini bertujuan: (1)Untuk mengetahui latar belakang dan tujuan wanita di desa Pelemkerepmelakukan kawin kontrak, (2) Untuk mengetahui proses pelaksanaan kawinkontrak di desa Pelemkerep.

Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan kualitatif dengan fokus latar belakang dan tujuan wanita di desaPelemkerep melakukan kawin kontrak dan proses pelaksanaan kawin kontrak didesa Pelemkerep. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan tehnik triangulasi, yangkemudian dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danverifiksi data.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kawin kontrak yang terjadi di desa Pelemkerep dilatar belakangi oleh keadaan ekonomi yang kurangmencukupi, pendidikan agama yang kurang, dan kondisi sosial masyarakat yangindividualis, serta budaya matrealisme yang memandang kesejahteraan hanya dariuang. Tujuan dari pelaksanaan kawin kontrak bagi pihak wanita adalah untukmeningkatkan kesejahteraan ekonomi diri dan keluarganya, sedang bagi pihakpria tujuan melaksanakan kawin kontrak adalah untuk menyalurkan kebutuhanbiologisnya secara aman. Proses pelaksanaan kawin kontrak diproses denganketentuan hukum agama Islam dengan bantuan seorang Kyai, dengan alasanprosesnya lebih mudah dan cepat. Walaupun perkawinan diproses sesuai hukumIslam, namun dalam membangun rumah tangga tidak menjiwai hukum Islamkarena di dasarkan pada kontrak/perjanjian yang isinya sangat bertentangan dengan hukum Islam itu sendiri.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa kawinkontrak di desa Pelemkerep dilatar belakangi oleh alasan ekonomi, pendidikan,agama, sosial dan budaya, dengan tujuan memperoleh keuntungan ekonomi danmemenuhi kebutuhan biologis. Proses pelaksanaan kawin kontrak dilakukansesuai dengan ketentuan hukum agama Islam dengan bantuan seorang Kyai.Kawin kontrak diikat dengan sebuah perjanjian atau kontrak atau kesepakatanyang mengikat kedua belah pihak.

Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah agar para Kyaimembuat kesepakatan bersama dan berani menolak melangsungkan perkawinansirri, karena perkawinan yang demikian tidak dicatat dan dapat dijadikan ajangpelaksanaan kawin kontrak, serta menyarankan agar calon pengantinmelaksanakan perkawinan sesuai ketentuan UU No.1 Tahun 1974, namun apabilaterpaksa melakukan perkawinan sirri hendaknya menanyakan apakah adaperjanjian perkawinan yang bertentangan dengan hukum Islam dan UU No. 1Tahun 1974 . Saran yang kedua adalah agar diadakan penyuluhan tentang masalahperkawinan dengan meminta bantuan para tokoh agama atau tokoh masyarakatmelalui kelompok pengajian atau perkumpulan.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved