Home » » Performance Tuning Manajemen Basis Data dapat menangani basis data yang komplek dan tetap dapat meningkatkan kinerja suatu sistem

Performance Tuning Manajemen Basis Data dapat menangani basis data yang komplek dan tetap dapat meningkatkan kinerja suatu sistem

Dalam masyarakat berbasis informasi, sistem basis data merupakan suatu komponen penting pada sebuah sistem informasi manajemen. Suatu sistem besar, yang setiap hari berinteraksi, selalu membutuhkan informasi yang selalu up-to-date dan tepat waktu dalam pengelolaan manajemen data dan informasi. Basis data dan Sistem Manajemen Basis Data (SMBD) / Database Management System (DBMS) dapat menyediakan sarana infrastruktur pada suatu sistem yang dibangun.


Sistem manajemen basis data merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengelola dan mengendalikan pengaksesan basis data. Tugas dari sistem manajemen basis data adalah menyediakan lingkungan yang nyaman dan efisien untuk penyimpanan dan pengambilan data dari basis data. Pengelolaan manajemen basis data membutuhkan suatu perangkat / tools untuk dapat mengelolanya, sehingga manajemen basis data dapat terus dikelola dan terus ditingkatkan kinerjanya.

Performance tuning merupakan suatu usaha ataupun cara untuk memperbaiki kinerja yang sudah umum bagi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang diharapkan dapat menjaga kestabilan pada suatu sistem yang ada.

Hadirnya OEM (Oracle Enterprise Manager) dari produk Oracle Corp sangat membantu pekerjaan seorang DBA (Database Administrator) pada suatu perusahaan, untuk mengelola suatu manajemen basis data, terutama untuk suatu sistem informasi yang berskala besar. Pengelolaan tersebut termasuk di dalamnya tugas tuning (Tuning Pack). Tuning Pack merupakan modul tuning yang disediakan oleh OEM (Oracle enterprise Manager) dari produk Oracle Corp yang telah terinstal, modul tersebut terdiri dari Tablespace Map, SQL Analyze, Oracle Expert, Re-Organization Wizard dan Index Tuning Wizard.

Skripsi ini membahas mengenai performance tuning suatu manajemen basis data dengan menggunakan OEM (Oracle Enterprise Manager) yang dipandang dari sudut agama Islam. Suatu sistem manajemen basis data dapat dikelola dengan menggunakan tools OEM dari Oracle Corp, terutama dalam meningkatkan kinerja sistem (performance tuning) yang lebih baik. Sistem manajemen basis data juga diharapkan mempunyai nilai–nilai sendi agama Islam yang dapat diperhatikan oleh pelaku teknologi informasi maupun pengguna yang dapat mengandung kemaslahatan bagi umat maupun perusahaan itu sendiri.


http://www.skripsikuliah.co.cc/
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved