Home » » Perbandingan kualitas pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan kurikulum 1994 pada mata pelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)

Perbandingan kualitas pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan kurikulum 1994 pada mata pelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)

Skripsi jurusan sejarah: Perbandingan kualitas pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan kurikulum 1994 pada mata pelajaran Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA).

Margaretha Kusdianingrum. 2005. Skripsi jurusan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Kurikulum 1994 yang berlaku selama ini, dinilai kurang sesuai untukmenghadapi tuntutan zaman. Hal ini terlihat dari meningkatannya jumlah lulusanpendidikan formal yang kurang memenuhi standar mutu pendidikan Jawa tengah,terjadi hampir disemua jenjang pendidikan, serta banyaknya lulusan sekolah yangmenggangur karena tidak mempunyai keahlian tertentu. Salah satu jalanmenanggulangi masalah ini dengan penyempurnaan kualitas kurikulum yang lebihkontributif terhadap siswa. Dengan penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi(KBK) ditahun 2004 di harapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan Sekolahformal yang lebih kompeten.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimanaperbandingan konsep materi, proses belajar mengajar, pemanfaatan media, sistemevaluasi dalam kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan kurikulum 1994pada mata pelajaran Sejarah SMA di Kabupaten Rembang tahun ajaran2004/2005?. Penelitian ini bertujuan: ingin mengetahui perbandingan konsepmateri, proses belajar mengajar, pemanfaatan media, sistem evaluasi dalamKurikulum berbasis Kompetensi (KBK) dan kurikulum 1994 pada mata pelajaransejarah SMA di Kabupaten Rembang tahun ajaran 2004/2005.

Populasi penelitian ini adalah semua guru SMA di Kabupaten Rembangtahun 2004/2005 yang berjumlah 417 dari 15 SMA negeri maupun Swasta.Pengambilan sampel untuk penelitian ini dengan menggunakan tehnik proposionalsamling, karena hanya meneliti guru yang pengampu mata pelajaran Sejarah.Variabel dalam penelirtian ini adalah konsep materi, pelaksanaan proses belajarmengajar, pemanfaatan media, dan sistem evaluasi dalam KBK dan kurikulum1994. Metode pengumpulan data dengan observasi, angket dan wawancara. Datayang dikumpulkan dianalisis dengan tehnik deskriptif komparatif denganmenggunakan rumus uji t.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tanggapan guru Sejarah SMA diKabupaten Rembang tahun 2004/2005 terhadap konsep materi, proses belajarmengajar, pemanfaatan media, dan sistem evaluasi pada kurikulum 1994 termasukdalam kategori cukup, sedang pada KBK dalam kategori baik. Berdasarkanperhitungan uji t, pada variabel materi KBK dan kurikulum 1994 tidak adaperbedaan yang singnifikan. Pada variabel proses belajar mengajar KBK dankurikulum 1994 ada perbedaan yang singnifikan. Pada variabel mediapembelajaran KBK dan kurikulum 1994 tidak ada perbedaan yang singnifikan.Pada variabel sistem evaluasi KBK dan kurikulum 1994 menunjukan adaperbedaan yang singnifikan. Secara umum terdapat Perbedaan yang singnifikanantara kualitas pelaksanaan kurikulum 1994 dan KBK pada tahun ajaran2004/2005, hal ini dapat dilihat dari uji t, yang menunjukan bahwa nilai t hitungsebesar -2,982 dan t tabel sebesar 2,074,, pada taraf singnifikan 5 %, dengan db22, dan t tabel sebesar 2,074, maka dapat disimpulkan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kualitaskonsep materi dan pemanfaatan media Sejarah SMA dalam Kurikulum 1994 danKBK mempunyai kualitas sama. Sedangkan proses belajar mengajar dan sistemevaluasi dalam KBK mempunyai kualitas baik dari pada dalam Kurikulum 1994.Dari hasil perhitungan uji t menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang singnifikanantara kualitas KBK dab Kurikulum 1994.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Guru Sejarah untukmengoptimalkan metode belajar Sejarah dalam KBK yang mengaktifkan siswadan lebih variatif. Siswa diharapkan lebih aktif dalam proses belajar mengajarSejarah. Diharapkan sekolah mempersiapkan diri dengan menyediakan fasilitasdan dana dalam melaksanakan KBK.


Atau untuk download klik http://9.bb/4r2I
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved