Home » » Pengaruh Pelaksanaan Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Pengembangan Pegawai terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan

Pengaruh Pelaksanaan Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Pengembangan Pegawai terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan

Tugas akhir akuntansi : Pengaruh Pelaksanaan Komunikasi Organisasi, Lingkungan Kerja, dan Pengembangan Pegawai terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Grobogan.

Tutik Indriati. 2005. Skripsi jurusan ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dalam bekerja, tentunya para pegawai akan selalu berkomunikasi satu samalain baik dengan atasan, bawahan, maupun dengan rekan sejawat agar tidak terjadikesimpangsiuran informasi. Hubungan yang harmonis antar pegawai akanmeningkatkan semangat kerja pegawai. Selain itu pegawai juga membutuhkan suatulingkungan kerja yang menyenangkan yang membuat para pegawai merasa lebihbetah bekerja sehingga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerjanya. Pegawaimerupakan sumber daya manusia sekaligus merupakan aset yang paling penting, yangapabila diberikan latihan dan pengembangan yang tepat akan mampu memberikanprestasi dengan lebih baik.

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Adakahpengaruh pelaksanaan komunikasi organisasi, lingkungan kerja, dan pengembanganpegawai terhadap semangat kerja pegawai kantor Setda Kabupaten Grobogan? 2) jikaada pengaruh, seberapa besar pengaruh pelaksanaan komunikasi organisasi,lingkunngan kerja, dan pengembangan pegawai terhadap semangat kerja pegawaikantor setda kabupaten Grobogan?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untukmengetahui ada dan tidaknya pengeruh pelaksanaan komunikasi organisasi,lingkungan kerja, dan pengembangan pegawai terhadap semangat kerja pegawaikantor Setda Kabupaten Grobogan dan seberapa besar pengaruh pelaksanaankomunikasi organisasi, lingkungan kerja, dan pengembangan pegawai terhadapsemangat kerja pegawai kantor Setda Kabupaten Grobogan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor Setda KabupatenGrobogan yang berjumlah 229 orang dan sampel yang diambil sebesar 144responden. Tehnik penarikan sampel yaitu random sampling. Variabel yang dikajidalam penelitian ini adalah : pelaksanaan komunikasi organisasi (X1), lingkungkankerja (X2), pengembangan pegawai (X3), dan semangat kerja (Y). Metode yangdigunakan untuk pengumpulan data adalah metode kuesioner dan metodedokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakaanalisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda.

Setelah dianalisa dan dilakukan pengujian hipotesis dengan SPSS 11.0,diperoleh hasil Fhitung sebesar 124,289 pada taraf signifikansi 0,000 dan Ftabel sebesar2,67 pada taraf signifikansi 0,05. dengan demikian Fhitung > Ftabel menunjukkan bahwaada pengaruh yang nyata antara pelaksanaan komunikasi organisasi, lingkungankerja, dan pengembangan pegawai terhadap semangat kerja pegawai. Besarnyapengaruh atau kontribusi yang diberiklan pelaksanaan komunikasi organisasi,lingkungan kerja, dan pengembangan pegawai adalah sebesar 0,727 atau 72,7% dansisanya sebesar 27,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitianini.

Peneliti menyarankan agar kantor Setda Kabupaten Grobogan lebih meningkatkanpelaksanaan komunikasi organisasinya terutama komunikasi ke atas karena dari hasilpenelitian diketahui bahwa para pegawai merasa tidak mendapat tanggapan saatmenyampaikan keluhan ataupun pendapat. Selain itu lingkungan kerja juga perlumendapat perhatian karena dari hasil penelitian lingkungan kerja memberikansumbangan yang besar bagi peningkatan semangat kerja pegawai sedangkan parapegawai merasa belum terpenuhi dalam hal perlengkapan dan fasilitas, kebersihanan musik. Untuk pengembangan pegawai kantor Setda Kabupaten Grobogandiharapkan lebih memperhatikan dalam hal pengadaan program pendidikan danlatihan karena hal ini memberi pengaruh yang positif terhadap semangat kerja pegawai.


http://www.skripsikuliah.co.cc/
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved