Home » » Pemetaan Jalur Hijau di Kecamatan Pati Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

Pemetaan Jalur Hijau di Kecamatan Pati Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)

Skripsi Geografi : “Pemetaan Jalur Hijau di Kecamatan Pati Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)”

Artianto, Rikie. 2005. Jurusan PendidikN GEOGRAFI, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Keberadaan pohon pelindung di kawasan Kecamatan Pati sekarang ini semakin berkurang dari tahun ketahun yang disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia. Angin yang kencang sempat menumbangkan beberapa pohon pelindung selain itu pohon yang tua juga mulai ditebang di beberapa ruas jalan. Dari latar belakang tersebut dapat diambil suatu permasalahan dari jalur hijau yaitu perubahan jumlah pohon pelindung di Kecamatan Pati. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi-lokasi jalur hijau dan prospek jalur hijau di Kecamatan Pati.

Jalur hijau adalah pohon yang ditanam di kawasan jalan dan kawasan lainnya di sepanjang jalan. Jalur hijau sangat penting manfat dan fungsinya bagi manusia, salah satunya adalah jalur hijau memberi rasa nyaman dan kesan indah bagi kota tersebut. Untuk membuat peta jalur hijau peneliti terlebih dahulu mencari peta jaringan jalan Kecamatan Pati. Dengan peta jaringan jalan akan memudahkan pemetan jalur hijau sebab jalur hijau berada di sepanjang jalan dan kawasan jalan. Dalam melakukan pemetaan jalur hijau peneliti menggunakan metode survei dan inventarisasi jalur hijau. Dengan menggunakan peta jaringan jalan yang sudah ada, peneliti melakukan survei lokasi-lokasi jalur hijau yang terdapat di Kecamatan Pati.

Pemetaan jalur hijau dilakukan dengan metode komputerisasi. Untuk memindahkan peta jalur hijau yang masih digambar manual tersebut ke dalam komputer dengan menggunakan scanner. Scanner akan meng-eksport image ke dalam format .Tiff sehingga dapat ditampilkan dalam komputer.

Gambar peta yang sudah masuk dalam format .Tiff dapat dibuka dalam program Arc View 3.3 yang memungkinkan kita untuk memasukkan data, menyimpan, memanggil, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan peta baru yang bergeoreferensi. Pengolahan data dilakukan hingga pada tahap layout dan printout.

Atau untuk download klik http://9.bb/3LOm 




http://www.skripsikuliah.co.cc/
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved