Home » » GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ) PURBALINGGA PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG TAHUN 1942-1945

GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ) PURBALINGGA PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG TAHUN 1942-1945

Skripsi jurusan sejarah: GEREJA KRISTEN JAWA (GKJ) PURBALINGGA PADA MASA PENDUDUKAN JEPANG TAHUN 1942-1945.

Tri Setiyono. 2005. Skripsi jurusan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu (1),Bagaimanakah kondisi Gereja Kristen Jawa Purbalingga pada masa PendudukanJepang tahun 1942-1945, (2), Sikap Gereja Kristen Jawa Purbalingga terhadappendudukan Jepang tahun 1942-1945, (3), Keadaan tenaga-tenaga Pekabar Injilyang ada di Purbalingga pada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945, (4), Kondisi media pekabaran Injil yang ada di Purbalingga pada masa pendudukanJepang tahun 1942-1945.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1), Kondisi GerejaKristen Jawa Purbalingga pada masa Pendudukan Jepang tahun 1942-1945, (2),Sikap Gereja Kristen Jawa Purbalingga pada masa pendudukan Jepang tahun1942-1945, (3), Keadaan tenaga-tenaga Pekabar Injil yang ada di Purbalinggapada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945, (4), Kondisi Media Pekabaran Injil yang ada di Purbalingga pada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945.Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah, yang terdiri dari: pengumpulan sumber/data, membandingkan sumber dengan sumber lain, analisisdan penafsiran sumber dan penulisan.\

Hasil penelitian ini adalah; Pendudukan Jepang di Purbalingga tahun1942-1945 berpengaruh besar terhadap perkembangan Gereja Kristen JawaPurbalingga. Kondisi Gereja Kristen Jawa Purbalingga pada masa pendudukanJepang hidup dalam tekanan keras dari kebijakan politik Jepang. Bersamaandengan kedatangan Jepang di Purbalingga, Ds. Samah Soedarmadi mengundurkandiri dari jabatan sebagai pendeta. Keadaan Gereja menjadi sepi. Ds. SamahSoedarmadi digantikan oleh Ds. Merwitojo Asmowinangun. Pada masapendudukan Jepang ini Gereja tidak diperbolehkan buka selain hari Minggu dankelompok-kelompok Kristen di desa-desa banyak yang membubarkan diri, karenatakut dengan tentara Jepang. Pada masa pendudukan Jepang orang-orangTionghoa yang menjadi jemaat Gereja Kristen Jawa Purbalingga memisahkan diridan mendirikan Gereja Kristen Indonesia di Purbalingga. Media pekabaran Injilmilik gereja, seperti sekolah-sekolah, rumah sakit dan poliklinik-poliklinik sertapastori diambilalih oleh pemerintah Jepang untuk dijadikan alat propagandaJepang. Tenaga-tenaga Pekabar Injil dari Eropa dimasukkan dalam kam tawananoleh pemerintah Jepang. Tenaga-tenaga Pekabar Injil pribumi hidup dalamkekurangan. Kondisi keuangan gereja kurang, sebagai akibat dari putusnyahubungan Gereja Kristen Jawa Purbalingga dengan Zending dan GerejaRotterdam. Pada masa pendudukan Jepang Gereja Kristen Jawa Purbalingga jugabenar-benar menjadi Gereja yang mandiri.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Gereja Kristen Jawa Purbalinggapada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945 hidup dalam tekanan keras darimiliter Jepang. Kelompok-kelompok Kristen di desa banyak yang membubarkandiri. Tenaga-tenaga Pekabar Injil Eropa dimasukkan dalam kam tawanan.Tenaga-tenaga Pekabar Injil pribumi hidup dalam kekurangan. Media pekabaranInjil milik gereja diambilalih dan dijadikan sebagai alat propaganda MiliterJepang. Meskipun hidup dalam tekanan keras Jepang Gereja Kristen JawaPurbalingga masih tetap berdiri dan tumbuh menjadi gereja yang benar-benarmandiri. Jemaat Gereja Kristen Jawa Purbalingga mulai sadar akan tugas dantanggung jawabnya sebagai jemaat, baik dalam hal keuangan maupun PekabaranInjil.

Saran penulis setelah melakukan penelitian ini adalah Pemerintah daerahhendaknya dengan bekerjasama dengan instansi tertentu menyusun sejarah lokaldaerahnya. Jemaat Gereja Kristen Jawa Purbalingga hendaknya selalu berpikiranpositif terhadap pencobaan yang datang . Tuhan yang mengijinkan pencobaan itudatang akan memberi kekuatan pada kita. Dan apabila kita tabah, sesuatu yang indah pasti akan terjadi.



Atau untuk download klik http://9.bb/4qwm
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved