Home » » DAYA BUNUH EKSTRAK SERAI (Andropogen nardus) TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti

DAYA BUNUH EKSTRAK SERAI (Andropogen nardus) TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti

Skripsi Ilmu Kesehatan Masyarakat : DAYA BUNUH EKSTRAK SERAI (Andropogen nardus) TERHADAP NYAMUK Aedes aegypti

Sri Wahyuni . 2005. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat , Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.

Serai mempunyai kandungan kimia yang dapat digunakan sebagaiinsektisida alami. Kandungan kimia dari serai adalah senyawa sitral, sitronela,geraniol, mirsena, nerol, farnesol methil heptenol dan dipentena. Senyawasitronela mempunyai sifat racun dehidrasi (desiscant) yang dapat mengakibatkankematian karena kehilangan cairan terus menerus sehingga permasalahan yangdikemukakan adalah bagaimana kepekaan nyamuk Aedes aegypti terhadap ekstrakserai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang daya bunuhekstrak serai (Andropogen nardus) terhadap nyamuk Ae. aegypti.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen murnidengan rancangan penelitian post test only control group design, menggunakan 5macam konsentrasi ekstrak serai. Konsentrasi yang digunakan yaitu 60%, 70%,80%, 90% dan 100%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi ekstrakserai yang digunakan maka semakin tinggi pula kematian nyamuk Ae. aegypti danterdapat perbedan rata-rata kematian pada berbagai konsentrasi. Sedangkansetelah diuji dengan menggunakan uji probit, tidak dapat menunjukkan nilai LC50.Maka dapat diketahui bahwa kepekaan nyamuk Ae. aegypti terhadap ekstrak seraiadalah rendah.

Melihat hasil yang didapat dari penelitian ini maka perlu adanyapenambahan bahan kasar pembuatan ekstrak serai sehingga didapatkan ekstrakserai yang lebih pekat, hasil akhir ekstrak sebaiknya berbentuk serbuk kering,pemilihan metode pengujian sebaiknya disesuaikan dengan cara kerja bahan aktifyang ada pada zat yang dibuat ekstrak, dan perlu adanya penelitian daya bunuh ekstrak serai terhadap larva Ae. aegypti.

Atau untuk download klik http://9.bb/3LYX 

http://www.skripsikuliah.co.cc/
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved