Home » » Tingkat Kesegaran Jasmani Wasit Sepakbola C-1 dan C-2 Kabupaten Semarang Tahun 2006.

Tingkat Kesegaran Jasmani Wasit Sepakbola C-1 dan C-2 Kabupaten Semarang Tahun 2006.

Skripsi jurusan keolahragaan: Tingkat Kesegaran Jasmani Wasit Sepakbola C-1 dan C-2 Kabupaten Semarang Tahun 2006.
Khairul Rizal ( 2006 ) : Skripsi keolahragaan, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Seberapa Tingkat KesegaranJasmani Wasit Sepakbola C-1 dan C-2 Kabupaten Semarang Tahun 2006. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kesegaran Jasmani Wasit SepakbolaC-1 dan C-2 Kabupaten Semarang Tahun 2006.

Metode penelitian menggunakan metode survey test. Populasi yang digunakanadalah seluruh wasit sepakbola dengan sertifilat C-1 dan C-2 Kabupaten Semarang,yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel karena jumlah sampel terbatasmaka seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian seperti ini dinamakanpenelitian total populasi. Metode pengolahan data menggunakan analisis statistikdeskriptif. Data diolah dengan menggunakan komputerisasi dengan sistem SPSSversi 10.
Hasil perhitungan data secara statistik deskriptif diperoleh data bahwa :Berdasarkan pada kriteria kesegaran jasmani untuk variabel lari 50 meter, lari 12menit mapun lari 200 meter, nilai maksimum maupun nilai minimum yang dicapaioleh sampel untuk seluruh variabel dapat disimpulkan bahwa rata-rata baik dalam artimemenuhi standar persyaratan minimal. Kesimpulannya adalah secara umum tingkatkesegaran jasmani yang bila diurutkan menunjukkan kemampuan fisik atau kesegaranjamani wasit-wasit C-1 dan C-2 Kabupaten Semarang Tahun 2006 termasuk katagoribaik. Apabila dirinci secara perseorangan maka akan terdapat data sebagai berikut :15 dari 20 orang wasit termasuk dalam kategori baik atau 75%, 4 dari 20 orang wasittermasuk dalam kategori sedang atau 20% dan 1 dari 20 orang wasit termasuk dalamkategori kurang atau 5%.
Saran yang diajukan adalah 1) Dilakukan penelitian ulang materi yang samadengan daerah yang lebih luas misalnya se Provinsi Jawa Tengah sebab pekembanganpersepakbolaan yang semakin maju menuntut wasit yang semakin baik dalamketrampilan maupun kesegaran jasmaninya. 2) Para wasit khususnya di KabupatenSemarang disarankan menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmaninya sebabwalaupun tingkat kesegaran jasmaninya rata-rata baik menurut penelitian ini, tetapimasih ada sementara yang masuk dalam kriteria sedang bahkan ada yang kurang.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved