Home » » Hubungan antara kekuatan lengan, daya ledak tungkai dan kelincahan dengan kecepatan memanjat tebing pada mahasiswa pencinta alam perguruan tinggi se Kota Semarang

Hubungan antara kekuatan lengan, daya ledak tungkai dan kelincahan dengan kecepatan memanjat tebing pada mahasiswa pencinta alam perguruan tinggi se Kota Semarang

Skripsi jurusan keolahragaan: Hubungan antara kekuatan lengan, daya ledak tungkai dan kelincahan dengan kecepatan memanjat tebing pada mahasiswa pencinta alam perguruan tinggi se Kota Semarang

Akhmad Bahtiar, 2006. Skripsi keolahragaan, Fakultas ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui hubungan antarakekuatan lengan dengan hasil kecepatan memanjat tebing, 2) untuk mengetahuihubungan antara daya ledak tungkai dengan hasil kecepatan memanjat tebing, 3)untuk mengetahui hubungan antara kelincahan dengan hasil kecepatan memanjattebing, 4) untuk mengetahui hubungan antara kekuatan lengan, daya ledaktungkai, dan kelincahan dengan kecepatan memanjat tebing. Penelitian inidiharapkan dapat bermanfaat sebagai sumbangan yang berguna bagi mahasiswaFakultas Ilmu Keolahragaan dalam mengetahui hubungan kekuatan lengan, dayaledak tungkai dan kelincahan dengan kecepatan memanjat tebing.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pencinta alam khususnyadivisi panjat tebing seluruh perguruan tinggi se Kota Semarang memiliki umurantara 20-22 tahun dan memiliki pengalaman minimal 3 tahun sebanyak 34 orang.

Penentuan sampel dalam penelitian ini dengan teknik total sampling, sehinggaseluruh populsi yang berjumlah 34 mahasiswa diambil seluruhnya untuk sampelpenelitian. Variabel dalam penelitian ini adalah kekuatan lengan, daya ledaktungkai dan kelincahan sebagai variabel bebas serta kecepatan memanjat tebingsebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tekniksurvei dengan tes dan pengukuran. Data yang diperoleh di analisis denganmenggunkaan teknik regresi sederhana maupun berganda.

Hasil penelitian hubungan antara kekuatan lengan dengan kecepatanmemanjat tebing diperoleh hasil analisis koefisien korelasi rx1y sebesar 0,688 >rtabel = 0,339. Hubungan antara daya ledak tungkai dengan kecepatan memanjattebing diperoleh hasil analisis koefisien korelasi rx2y sebesar 0,674 > rtabel = 0,339.Hubungan antara kelincahan dengan kecepatan memanjat tebing diperoleh hasilanalisis koefisien korelasi rx3y sebesar 0,547 > rtabel = 0,339. Hubungan antarakekuatan lengan, daya ledak tungkai dan kelincahan dengan kecepatan memanjattebing diperoleh hasil analisis koefisien korelasi rx123y sebesar 0,788. Berdasarkanhasil uji F diperoleh harga Fhitung = 16,425 > Ftabel = 2,92. Sumbangan kekuatanlengan, daya ledak tungkai dan kelincahan terhadap kecepatan memanjat tebingsebesar 62,16% yang terbagi atas 28,33% adalah sumbangan kekuatan lengn,19,50% adalah sumbangan daya ledak tungkai dan 14,33% adalah sumbangankelincahan. Dan 37,84% adalah sumbangan dari faktor – faktor yang lain.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan 1) ada hubunganantara kekuatan lengan dan kecepatan memanjat tebing. 2) ada hubungan antardaya ledak tungkai dengan kecepatan memanjat tebing. 3) ada hubungan antarakelincahan dengan kecepatan memanjat tebing. 4) ada hubungan antara kekuatanlengan, daya ledak tungkai dan kelincahan dengan kecepatan memanjat tebing.

Dari hasil penelitian tersebut penulis mengajukan saran-saran yaitu: 1) untukmendapatkan kecepatan memanjat tebing yang optimal, maka perlumemperhatikan kekuatan lengan dan daya ledak tungkai dengan jalanmemberikan latihan kekuatan secara terprogram dan terencana serta seringmelakukan latihan panjat tebing guna memeningkatkan kelincahannya dalammengkoordinasikan gerakan kaki dan tangan 2) bagi peneliti lain yang hendakmengadakan penelitian sejenis, hendaknya dalam mengambil data atau dalammelakukan tes dilakukan dengan waktu tes yang lebih luas, agar diperoleh hasilyang optimal.

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Ganesha Souvenir
 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young | Ganesha Souvenir
Copyright © 2014. Kumpulan makalah dan skripsi kuliah gratis - All Rights Reserved